Cara Pasang Voltmeter Digital Dengan Mudah

-

Pada tutorial voltmeter kali ini, Kami akan membagikan tutorial tentang cara pasang voltmeter digital yang dapat Anda aplikasikan ke semua jenis motor ataupun untuk keperluan lainnya karena prinsipnya hampir sama.

Cara Pasang Voltmeter Digital Untuk Semua Jenis Motor

Berikut adalah langkah-langkah cara pasang volmeter digital yang kebetulan pada kesempatan kali ini The Olay akan mencontohkannya di sebuah motor tanpa merusak perkabelan yang sudah ada dan mudah untuk dikerjakan.

  1. Pertama-tama pasang kedudukan voltmeter pada stang motor Anda dengan cara diikat menggunakan kabel ties.
    Cara Pasang Voltmeter Digital
  2. Untuk mempermudah pekerjaan, ketimbang membongkar lampu head lamp depan, Kami lebih baik menyambung kabel dari voltmeter dengan menggunakan kabel serupa yang memiliki ukuran yang mirip untuk disambungkan ke bagian belakang motor.
    Cara Pasang Voltmeter Digital di motor
  3. Agar kabel lebih rapih, ikuti jalur perkabelan menuju bagasi motor yang sudah ada, kemudian kencangkan dengan menggunakan kabel ties.
    Cara Pasang Voltmeter Digital 3
  4. Sambungkan sambungan kabel bewarna hitam dari voltmeter ke kutub negatif dari Aki/Accu motor Anda.
    Cara Pasang Voltmeter Digital 4
  5. Untuk sambungan kabel bewarna merah dari voltmeter, sambungkan ke flasher.
    Cara Pasang Voltmeter Digital 5
  6. Coba nyalakan motor (kontak ON), maka sekarang voltmeter digital akan berfungsi dengan normal.
    Cara Pasang Voltmeter Digital 6
  7. Selesai.

Kenapa Kabel Voltmeter Disambungkan Ke Flasher?

Pada cara pasang voltmeter digital diatas mungkin ada yang bertanya-tanya mengapa kabel warna merah dari voltmeter disambungkan ke Flasher. Hal tersebut agar voltmeter berfungsi hanya ketika motor dinyalakan, dan voltmeter akan mati ketika motor dimatikan.

Jika kabel merah dari voltmeter disambungkan ke kutub positif dari Aki, maka voltmeter akan menyala terus menerus walaupun motor dalam kondisi mati.

BACA JUGA:  Cara Memperbaiki Water Heater Listrik [Cek 3 Komponen Ini]
BACA JUGA:  Cara Memperbaiki Water Heater Listrik [Cek 3 Komponen Ini]

Penutup

Itulah artikel dari Kami tentang tutorial cara pasang voltmeter digital dengan mudah di semua jenis motor yang dapat dilakukan tanpa merusak perkabelan yang sudah ada.

Kami harap tutorial yang Kami sajikan cukup jelas dan dapat bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan/share artikel dari Kami di semua sosial media Anda untuk mensupport website Kami agar semakin banyak orang yang mengenal sekaligus dapat membantu kerabat terdekat Anda dalam memperoleh informasi yang mungkin akan bermanfaat untuk mereka.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Share this article

Recent posts

Popular categories

Recent comments