Cara Memperbaiki Mesin Pemanas Air Gas [MUDAH]

-

Pada artikel kali ini, The Olay akan membagikan informasi atau tutorial tentang cara memperbaiki mesin pemanas air gas yang mengalami kendala apinya tidak menyala, caranya cukup mudah dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Apa Itu Mesin Pemanas Air

Persis seperti namanya, mesin pemanas air atau water heater adalah mesin yang digunakan untuk memanaskan air yang biasa digunakan pada gedung perkantoran, perumahan, apartement, dan sebagainya.

Mesin pemanas air saat ini ada yang bertenaga listrik, tenaga surya, dan juga gas.

Cara Memperbaiki Mesin Pemanas Air

Mesin pemanas air tentu saja tidak luput dari permasalahan. Walaupun hal ini jarang terjadi, ada baiknya Anda mengetahui cara untuk memperbaikinya sendiri sebelum memanggil tukang service dan membayar jasanya.

Dalam artikel kali ini, Kami akan memberi contoh beberapa cara memperbaiki mesin pemanas air yang bertenaga gas jika api untuk memanaskan airnya tidak menyala yang menyebabkan air panas tidak keluar pada keran, disimak ya langkah-langkahnya.

Untuk memperbaiki mesin pemanas air yang apinya tidak menyala, setidaknya ada tiga komponen penting yang harus dilakukan pengecekan, yaitu switch, pemantik, dan selenoid. Pengecekan yang dilakukanpun cukup mudah, karena hanya dengan melihat dan mendengarkan suaranya saja kita sudah tau apakah komponen tersebut berfungsi normal atau bermasalah/rusak.

BACA JUGA:  Cara Pasang Voltmeter Digital Dengan Mudah
BACA JUGA:  Tutorial Cara Reset Mesin Cuci Electrolux EWT704s

Cara Memperbaiki Mesin Pemanas Air Gas

PENTING: Sebelum melakukan pengecekan pada mesin pemanas air gas, penting untuk melepas dahulu regulator LPG demi keamanan dan keselamatan kita bersama.

Pengecekan Switch Mesin Pemanas Air

Cara Memperbaiki Mesin Pemanas Air Gas

 

Hal yang pertama dicek untuk mengetahui kenapa mesin pemanas air tidak mengeluarkan air panas adalah dengan cara mengecek switch otomatisnya. Pada mesin pemanas air yang dicontohkan menggunakan switch magnetic yang mengeceknya sangat mudah, hanya dengan mencolok lubang inlet dengan menggunakan lidi.

Cara Memperbaiki Mesin Pemanas Air Gas

Jika saat dicolok lidi pematik / selenoidnya bekerja, berarti switch tidak bermasalah.

Pengecekan Pematik Pada Mesin Pemanas Air Gas

Percikan Api Pada Pematik Mesin Pemanas Air

Selanjutnya, perhatikan pematik pada mesin pemanas air, apakah pematik memercikkan bunga api atau tidak saat lidi dicolok tadi.

Jika tidak memercikkan api, maka permasalahan ada pada pematik pemanas air tersebut.

Mengecek Selenoid Valve Mesin Pemanas Air

Cara memperbaiki mesin pemanas air yang ketiga adalah dengan melakukan pengecekan pada selenoid valvenya.

Pengecekan selenoid bisa bisa dilakukan dengan cara pada saat lidi tadi dicolokkan pada inlet dan pematik memercikkan api, selang hanya beberapa mili second atau 1 detik, selonoid valve akan terbuka yang ditandai dengan memunculkan bunyi “klek”. Jika suara tersebut terdengar, makan selenoid valve bekerja secara normal.

Bagaimana Jika Semua Komponen Bekerja Normal Tapi Air Panas Tidak Keluar?

Permasalahan yang paling sering terjadi pada mesin pemanas air yang tidak mengeluarkan air panas adalah bukan dikomponennya, malahan dikarenakan tekanan air tempat kita tidak cukup kuat untuk mendorong switch otomatis untuk bekerja. Jadi pastikan sebelum membeli mesin pemanas air, tekanan air dirumah Anda cukup kuat untuk menggunakan mesin pemanas air dengan normal.

Solusi Tekanan Air Yang Kurang Untuk Memicu Switch Mesin Pemanas Air

Cara memperbaiki mesin pemanas air, jika tekanan air di tempat kita kurang kuat, kita bisa menggunakan booster pump atau biasa disebut juga pompa dorong untuk meningkatkan tekanan air ke mesin pemanas air, sehingga mesin pemanas air yang kita beli nantinya bisa bekerja dengan normal dan maksimal.

BACA JUGA:  Tutorial Cara Mengoperasikan Mesin Cuci Electrolux EWF 85761
BACA JUGA:  Tutorial Cara Mengoperasikan Mesin Cuci Electrolux EWF 85761

Penutup

Itulah informasi dan tutorial cara memperbaiki mesin pemanas air dari Kami yang diharap dapat membantu Anda dalam mengatasi permasalahan pemanas air yang tidak mengeluarkan air panas / api tidak menyala pada mesin pemanas air gas.

Selalu share artikel dari Kami di semua sosial media Anda untuk mensupport Kami agar tetap dapat terus membagikan informasi berkualitas lainnya dan juga dapat membantu kerabat terdekat Anda yang memiliki permasalahan dengan pemanas air.

Terimakasih, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Share this article

Recent posts

Popular categories

Recent comments