Cara Membuat Tirai Gulung Dari Terpal Dengan Mudah

-

Pada artikel kali ini, The Olay akan membagikan informasi tentang cara membuat tirai gulung dari terpal dengan mudah dan murah yang dapat Anda lakukan sendiri untuk berbagai keperluan.

Langkah Cara Membuat Tirai Gulung Dari Terpal

Langsung saja ikuti langkah-langkah cara membuat tirai gulung dari terpal nya ya teman-teman.

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti terpal, pipa/kayu, katrol, tali plastik ukuran 4mm, dan alat pendukung kerjanya.
  2. Pertama-tama, kita buat kedudukan untuk bagian atas terpalnya yang nantinya berfungsi sebagai kedudukan tirai gulung terpal ini di tempat yang ingin dipasang. Untuk itu, teman-teman bisa men-stapless, memaku, menjahit, atau melem bagian atas terpal pada sebuah media yang memiliki panjang selebar ukuran terpal teman-teman seperti pipa PVC, pipa besi/alumunium, atau pada sebuah kayu.
  3. Langkah selanjutnya adalah dengan memasang katrol pada bagian atas terpal. Cara ini dapat dilakukan dengan cara melubangi bagian tengah terpal seukuran 4mm (seukuran diameter tali) hanya untuk tempat lewatnya tali agar dapat menempatkan katrol pada bagian depan terpal. Ikat ujung tali 1 pada katrol dan buat simpul pada bagian atas terpal agar posisi katrol tidak berubah dan kencang.
    Cara Membuat Tirai Gulung Dari Terpal
  4. Langkah selanjutnya adalah hanya masalah instalasi talinya, jika teman-teman benar mengikuti langkah diatas, maka posisi ujung tali satunya sekarang berada di belakang terpal, kemudian lingkarkan tali yang berada pada bagian belakang terpal menuju kearah katrol melalui bagian bawah terpal. Jadi yang tadinya posisi tali ada di belakang terpal bagian atas, sekarang berada di bagian depan terpal bagian atas.
  5. Masukkan ujung tali satunya melalui roda katrol dan tarik sampai tidak ada sisa tali yang menggulung.
  6. Buat simpul pada tali yang berada pada titik sekitar roda katrol agar posisi tali tidak berubah-ubah atau tidak lepas.
    Cara Membuat Tirai Gulung Dari Terpal
  7. Nah sekarang tirai gulung dari terpal sudah selesai dibuat, teman-teman sekarang bisa mencoba menarik tali untuk menggulung tirai terpalnya.
  8. Untuk kedudukan tali agar terpal tidak lepas pada saat digulung, teman-teman dapat membuatnya dengan sederhana dan mudah dengan membuat hook dari skrup/baut untuk melilitkan tali pada saat tirai terpal ditarik atau dalam posisi terbuka.
BACA JUGA:  Cara Membuat Rak Toko Sendiri Dengan Mudah
BACA JUGA:  Cara Membuat Rak Toko Sendiri Dengan Mudah

Penutup

Itulah tutorial cara membuat tirai gulung dari terpal yang mudah dan murah dari Kami. Kami harap artikel ini dapat bermanfaat untuk teman-teman.

Jangan lupa selalu share/bagikan artikel dari Kami disemua sosial media teman-teman sebagai bentuk support teman-teman terhadap website The Olay.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Share this article

Recent posts

Popular categories

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Recent comments